Senin, 14 Februari 2011

Ide gila, nyeleneh, atau apalah itu buat kota gue Jakarta

Hello, gue sih orangnya biasa aja malah agak pendiem awalnya tapi kalo udah kenal gue pasti lo bilang gue “gila” atau apalah, kenapa? Karena ide gue itu sendiri yg bikin gue di bilang gitu.  Hahaha, memang temen gue sering bilang gitu tapi gue biasa aja tapi kalo di pikir-pikir ada benernya juga sih.
Sekarang  gue bukan mau cerita panjang lebar kenapa gue di bilang “gila”, tapi gue pengen ngebagi beberapa contoh ide “gila” gue 

Pertama, membuat Jakarta teratur
Gue punya ide gimana cara bikin kota tercinta ini Jakarta menjadi teratur kaya kota di negeri tetangga gitu. Ide gue adalah dengan memindahkan seluruh penduduk Jakarta kemana gitu terus nih kota kan sepi tuh, terus yg dilakukan adalah menghancurkan semua yg tidak diperlukan, terus kita kan punya banyak ahli tata ruang yang jago ya kita suruh mereka menata ulang kota kita Jakarta ini menjadi teratur. Selanjutnya tugas para kontraktor dan pengembang property disini bekerja untuk merealisasikan desain tata ruang yg sudah dibuat setelah itu kan Jakarta udah kebentuk baru deh penduduknya kita masukin lagi ke nih kota. Gue mikir biasanya kan ada banyak masalah tapi yang paling terpenting adalah dana kalo ga ada dana kita bangun Jakarta darimana? Mungkin kita bisa meminjam dana dari luar negeri ya. Terus masalah selanjutnya penduduknya itu sendiri yang kurang disiplin menata kotanya ini serapih mungkin seperti di negeri tetangga. Kalau mau seperti negeri tetangga ya kita harus disiplin buang sampah aja di tempat sampah aja males gimana mau jadi teratur?? Kan kalo kota Jakarta teratur hasilnya buat penduduknya sendiri tuh banyak turis, terus sering di sorot dunia bukan karena ketidakteraturannya tapi karena teraturnya kota Jakarta. 

Kedua, membuat Jakarta ga banjir lagi
Tiap tahun kita tahu ga bakal Jakarta ga banjir, pasti ini kota banjir terus. Tapi yg disalahin pasti hujan sama kiriman air dari kota tetangga. Tapi kita harus mikir lebih jauh nih apa iya itu penyebab sebenarnya? Kalo kita liat emang itu sih tapi kalo di pikirin lebih jauh kenapa bisa begitu? Mungkin manusianya yg kurang disiplin ya. Tapi selain itu Jakarta juga punya kelemahan kenapa banjir terus, pertama Jakarta ga punya tempat resapan air yg cukup besar, disuruh bikin lubang biopori aja ga semuanya bikin gimana mau ada resapannya? Solusinya mungkin kita buat danau atau penampungan air raksasa buat nampung air kiriman, masalahnya biasanya ga ada lahan yaudah disini ide gila gue muncul kalau ga ada lahan di atas tanah kenapa ngga bikin yang di bawah tanah aja? Toh yang di atasnya ga di pakai kan? Yang kedua masalah sungai di Jakarta yg ga enak banget dilihat masa iya di pinggir sungai buat tidur? Gimana ga mau banjir? Udah bener ada kali lebar-lebar buat nampung air yang segitu banyaknya tapi ini malah di buat tidur. Ya ga? Kalo sungai kita kaya di luar negeri pasti banjir bisa teratasi. Mungkin ya radius 100m dari pinggir kali kita kosongin biar ga ada penduduk yang tinggal biar ga banjir lagi. Yang ketiga memang Jakarta di bawah permukaan laut jadi air laut memang sering masuk kedaratan apalagi kalo lagi bulan purnama yang dikenal dengan banjir rob. Untuk maslah ini gue berpikir gimana kalo Jakarta kita bikinin tanggul atau bendungan raksasa di teluk Jakarta supaya itu rob ga sampe membanjiri Jakarta ini bener ga? Kalo perlu di bangun tembok di pinggir pantai tuh tapi terlalu ekstrem. 

Ketiga, biar Jakarta ga macet
Pasti tiap hari macet kan? Yaiyalah kapan ga macet coba? Bisa di hitung pake jari hari yang bener-bener  ga macet di Jakarta. Sebenernya apasih yg sebenernya bikin Jakarta macet? Banyaknya mobil atau motor? Bener, jalan sempit? Bener. Nah terus apa penyebabnya? Yaitu gengsi orang Jakarta gengsi ga mau naik angkutan umum. Coba kita lihat di jalan raya berapa banyak sih mobil pribadi yang isinya lebih dari satu orang? Coba kalo pengendara yang sendiri itu berpindah ke angkutan umum? Jadi dikit kan kendaraan pribadi yang berada di jalan, dampak langsungya mungkin jakrata macetnya berkurang. Terus apa ide gilanya? Ya aparat yang berlaku harus bener-bener tegas menindak pengendara yang hanya berkendara sendiri, terus bagaimana jika Jakarta ini di jadiin kota sepeda? Kan asik tuh tiap hari jarang menghirup asap kendaraan, paling dari kendaraan umum doang kan? Emang sih kalo Jakarta jadi kota sepeda banyak yang ngeluh itu pasti tapi kalo di lakukan sepenuh hati pasti semuanya teratasi kok. Gue mikir kalo jadi kota sepeda masa iya presiden juga naik sepeda? Kan dia tinggal di Jakarta juga? Ya untuk masalah ini ada pengecualian untuk pejabat Negara, hal yang bersifat darurat gak masalah naik mobil pribadi. Tapi kalo semua penduduk Jakarta pakai sepeda ujung-ujungnya macet juga kan karena kebanyakan sepeda? Haha yaiyalah disini penulis bingung gimana caranya biar ga macet lagi hehe.
Sekian ide gile dari gue buat kota kita tercinta ini, maaf ye kalo tulisan ini ngawur, ngaco, atau apalah ya karena ini emang ide gila dari gue. Gue juga ga mau kota kita ini tambah semrawut dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi buat ngerubahnya walaupun gue sendiri juga belum disiplin hehe. Jayalah kotaku jayalah negeriku !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar